Cegah Kanker Sejak Dini Dengan Bunga Bawang Merah

Artikel kali ini akan membahas tentang bunga bawang merah yang ternyata dapat membantu untuk mencegah kanker. Bagi Anda yang biasa berbelanja tentu Anda paham betul jenis bawang seperti bawang merah dan bawang putih. Keduanya memang sama-sama mengandung anti oksidan yang baik. Namun tahukah Anda bahwa banyak studi mengklaim bahwa barang merah lebih ampuh dalam mencegah penyakit bahkan penyakit sekelas kanker.

Bahan Yang Terkandung Dalam Bunga Bawang Merah

Anda mungkin hanya mengenal bawang merah sebagai bahan makanan yang biasa membuat masakan Anda semakin gurih dengan tambahan bawang goreng. Lebih lanjutnya, bawang merah sendiri memiliki bunga yang ampuh dalam menangkal kanker. Bunga bawang merah mengandung banyak bahan yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda, berikut ini bahan-bahan yang terkandung.

  • Flavonoid

Bunga bawang merah ini terkenal mengandung senyawa flavonoid. Flavonoid ini merupakan antioksidan yang dapat membantu radikal bebas yang ada di dalam tubuh agar hidup stabil dan tidak merusak sel-sel dalam tubuh. Radikal bebas yang di luar kontrol maka dapat menyebabkan penyakit-penyakit mematikan seperti kanker usus besar dan kanker payudara. Flavonoid ini membantu di dalam tubuh Anda untuk mematikan karsinogen dan pemicu sel-sel kanker berbahaya.

  • Asam folat

Asam folat merupakan salah satu jenis dari vitamin B yang membantu tubuh Anda untuk memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru. Selain itu, membantu untuk mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker dalam tubuh Anda. Tidak hanya itu, asam folat juga sangat baik untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil.

  • Vitamin C

Jika Anda hanya mengenai vitamin C terkandung dalam jeruk, Anda salah karena bunga bawang merah juga mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat memicu datangnya kanker dalam tubuh Anda. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sehingga Anda dapat terhindar dari jenis kanker perut, kanker esophagus, dan kanker tenggorokan.

  • Kalsium

Di dalam bunga bawang merah juga terkandung kalsium. Kalsium ini berfungsi sebagai antioksidan yang juga ampuh untuk menurunkan resiko kanker. Selain itu juga dapat membantu melawan jenis-jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker ovarium, dan kanker payudara.

  • Aliin

Kandungan Aliin ini kemudian di ubah menjadi asam privat, amonia, aliisin antimikroba yang dapat membunuh bakteri di dalam tubuh. Selain itu, Aliin ini juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Karena kolesterol ini juga berbahaya bagi tubuh dan dapat meningkatkan tubuh Anda dari penyakit-penyakit yang mematikan yang berbahaya.

  • Quercetin

Quercetin merupakan senyawa yang berperan penting sebagai anti oksidan yang menghambat aktifnya sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar kanker ovarium, dan kanker paru-paru.

Masih banyak lagi bahan-bahan yang terkandung dalam bunga bawang merah tetapi yang utama dalam mencegah kanker adalah poin-poin penjelasan di atas. Namun kandungan lainnya pun bukan kandungan berbahaya, justru menambah nilai dalam menyehatkan tubuh Anda dari berbagai penyakit berbahaya.

Bunga bawang merah ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam membantu mempertahankan kesehatan tubuh Anda. Anda dapat mengkonsumsinya sehari-hari misalnya dengan memasukkan dalam menu diet Anda agar diet Anda lebih sehat. Atau dapat juga diselipkan sebagai pendamping makanan Anda sehari-hari dengan berbagai macam variasi.

Menu Bunga Bawang Merah Untuk Kesehatan Anda

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara mengkonsumsinya, karena mungkin masih asing bagi Anda dengan bunga bawang merah. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengkonsumsi bunga bawang merah.

  • Jus bunga bawang merah

Untuk mendapatkan manfaatnya secara lebih maksimal, tentu alternatifnya adalah dengan membuatnya menjadi jus. Pertama-tama Anda perlu mencuci bersih daun bunga bawang merah kemudian memotongnya kecil-kecil sehingga mudah dihancurkan. Kemudian Anda masukkan ke dalam blender dan tambahkan segelas air atau sesuai selera Anda. Tetapi ingat jangan tambahkan bahan-bahan seperti gula jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Jus ini mungkin rasanya kurang enak tidak seperti jus buah. Tetapi bagi Anda yang sudah terbiasa diet dengan jus sayur-sayuran mungkin sudah terbiasa dengan rasanya. Atau jika Anda ingin lebih enak bisa ditambahkan buah-buahan agar rasanya tidak terlalu kuat.

  • Tumis bunga bawang merah

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat bunga bawang merah namun tidak kuat mengkonsumsinya dalam bentuk jus, Anda bisa menumisnya. Cara menumisnya sama persis dengan tumis-tumis lain pada umumnya, Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti tempe, udang, telur puyuh, dan lain-lain. Dengan cara menumis Anda tetap dapat mendapatkan manfaatnya terlebih dengan rasanya yang lebih enak daripada dibuat jus. Tentu Anda lebih semangat mengkonsumsinya.

Nah demikian artikel tentang manfaat penting yang dapat Anda temukan dengan mengkonsumsi bunga bawang merah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menginspirasi Anda untuk selalu hidup sehat dengan konsumsi bahan-bahan makanan yang alami dan sehat.