Atasi Insomnia Untuk Tidur yang Lebih Berkualitas

Bagi Anda pengidap insomnia tentu terkadang Anda merasa kesal dengan pola tidur Anda sendiri. Terlebih jika Anda harus berangkat ke kampus atau pun kerja di pagi hari, hal ini dapat membuat Anda kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas. Selama beraktivitas Anda pun sering merasa mengantuk, lemas, dan tidak bergairah sehingga membuat Anda sulit berkonsentrasi dan pekerjaan pun menjadi tidak maksimal.

Anda tentu tidak ingin pola tidur Anda kemudian dapat merusak mood Anda dalam menjalani hari yang penuh kesibukan. Tak jarang jika Anda yang kurang tidur pun sering merasa pusing dan tidak enak badan seperti sedang sakit.

Jenis-Jenis Insomnia

Beberapa dari Anda mungkin mengalami insomnia yang berlarut-larut setiap hari. Tetapi tidak semua dari Anda mengalaminya karena bisa saja Anda hanya mengalaminya sesekali saja. Walaupun sesekali tetap saja dapat mengganggu aktivitas Anda. Berikut jenis-jenis insomnia yang perlu Anda ketahui.

  • Insomnia akut

Insomnia akut ini dapat terjadi sampai sebulan lamanya. Anda dapat mengalami kesulitan tidur setiap malamnya padahal suasana mendukung Anda untuk tidur. Bahkan dalam keadaan sangat mengantuk pun Anda tetap saja kesulitan untuk memulai tidur Anda.

  • Insomnia kritis

Insomnia kritis ini lebih parah dari insomnia akut di mana lamanya bisa mencapai lebih dari satu bulan. Bahkan insomnia ini dapat membuat Anda sering berhalusinasi karena saking sulitnya untuk memulai tidur. Keadaan otak yang lelah dan mengantuk tetapi Anda tidak bisa untuk tidur kemudian akan memicu otak Anda untuk membayangkan hal-hal aneh yang seolah-olah adalah sesuatu yang nyata.

  • Insomnia temporer

Insomnia ini merupakan insomnia yang terjadi sewaktu-waktu saja. Hal ini bisa saja terjadi karena Anda sedang stres dan memikirkan banyak hal sehingga mengganggu kualitas tidur Anda. Tetapi insomnia ini akan berhenti sejalan dengan pikiran Anda yang berhenti untuk terlalu memikirkan masalah Anda.

Insomnia jenis apa pun tentu Anda tidak ingin mengalaminya karena dapat mengganggu kesehatan Anda pula. Kualitas tidur Anda pun berpengaruh ke berbagai aspek yang akan merugikan hari-hari Anda. Sehingga alangkah baiknya Anda mulai terbiasa untuk menghindari insomnia. Jika Anda membiasakan diri Anda untuk tidur berkualitas tentu kebiasaan ini akan berlarut-larut. Mungkin dengan tidur cepat juga dapatĀ  Cegah Kanker Sejak Dini agar tidak mendapatkan penyakit lainnya.

6 Cara Ini Dapat Mengatasi Sulit Tidur Anda

Bagi Anda yang sedang kesulitan tidur daripada hanya melamun dan bermain handphone untuk mencoba tertidur. Lebih baik Anda lakukan beberapa hal ini yang lebih bermanfaat dalam membantu sulit tidur Anda.

  • Hindari kafein

Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kafein di mana suasana malam yang dingin ditemani kopi hangat sangatlah nikmat. Tetapi tahukah jika Anda mengkonsumsi kafein atau kopi di jam-jam malam tentu akan mengganggu kualitas tidur Anda. Jika Anda ingin mengkonsumsi kopi sebaiknya 5 jam sebelum waktu tidur Anda sehingga efeknya sudah tidak berasa.

Tetapi jika Anda benar-benar ingin mengkonsumsi minuman hangat sebelum tidur untuk membuat tubuh Anda menjadi hangat. Maka Anda dapat menggantinya dengan menggunakan susu hangat. Susu hangat mampu membantu pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih rileks dan santai sehingga mempermudah proses Anda tertidur. Atau alternatif lain Anda juga dapat mengkonsumsi teh chamomile.

  • Jauhkan handphone Anda

Jika Anda terus-terusan memegang handphone Anda di tempat tidur Anda tentu hal ini akan mempersulit Anda tidur. Otak Anda akan terus fokus dan bekerja terhadap handphone yang Anda mainkan. Sekalipun mata Anda mengantuk tetap saja tidak efektif untuk tidur jika otak Anda masih dipaksa bekerja.

Cobalah untuk menaruh handphone Anda jauh-jauh dari jangkauan Anda saat Anda hendak memulai tidur, jika perlu matikan volume handphone Anda. Sebab jika handphone Anda berdering tentu akan menimbulkan rasa penasaran untuk Anda sehingga Anda akan meraih handphone dan mengeceknya.

  • Udara

Untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, Anda dapat membeli aromatherapy. Dengan menghadirkan aromatherapy di kamar Anda tentu akan membuat udara kamar menjadi lebih sejuk. Selain itu, wewangian aromatherapy dapat membantu Anda untuk rileks sehingga Anda akan lebih mudah tertidur dengan nyenyak. Tetapi pilihlah wewangian yang memiliki bau harum menenangkan bukan justru mengganggu Anda.

  • Hindari terlalu banyak pikiran

Terkadang hal yang membuat Anda semakin sulit untuk tertidur adalah banyaknya pikiran yang mengganjal. Cobalah untuk melupakan masalah Anda sejenak agar pikiran Anda lebih rileks dan Anda dapat tertidur dengan nyenyak. Anda juga dapat mengkonsumsi teh untuk membantu menenangkan Anda dari rasa gelisah.

  • Matikan lampu kamar

Salah satu hal yang dapat membuat Anda sulit tertidur adalah karena cahaya yang terlalu terang di kamar Anda. Hal ini akan membuat mata Anda yang terpejam pun akan tetap dapat merasakan melihat cahaya. Oleh karena itu Anda dapat mematikan lampu Anda agar mata Anda benar-benar terpejam tanpa melihat cahaya. Jika Anda merasa takut tidur dengan lampu yang dimatikan, Anda dapat menggunakan penutup mata.

  • Konsumsi obat tidur

Jika Anda merasa insomnia Anda sudah parah dan tetap ada walaupun Anda sudah melakukan berbagai cara. Maka Anda dapat mengkonsumsi obat tidur yang dianjurkan oleh dokter. Tetapi perlu diingat bahwa harus sesuai anjuran dokter, jangan Anda mengkonsumsi obat tidur secara asal. Apalagi jika Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan dengan harapan akan lebih mudah tertidur.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang mengalami sulit tidur atau insomnia untuk mendapatkan tidur Anda yang lebih berkualitas. Sehingga aktivitas Anda lancar dan mood hari-hari Anda menjadi baik.